Pendaftaran Jabfung Sanitarian Terampil Pelaksana Bapelkes Cikarang, 16 s/d 25 Juli 2013

01 Juli 2013 08:06

Pendaftaran Jabfung Sanitarian Terampil Pelaksana Bapelkes Cikarang, 16 s/d 25 Juli 2013

PENDAHULUAN

Upaya peningkatan pelayanan kesehatan yang berkualitas didukung dengan adanya sumber daya manusia kesehatan yang profesional, untuk itu Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan 27 jabatan fungsional kesehatan yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak yang penuh untuk melakukan tugas dan fungsinya sesuai dengan profesinya masing-masing. Jabatan fungsional adalah jabatan karier yang hanya dapat diduduki oleh seseorang yang telah berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil. Salah satu jabatan fungsional tersebut adalah jabatan fungsional sanitarian.

Sanitarian adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pengamatan, pengawasan, dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka perbaikan kualitas kesehatan lingkungan untuk dapat memelihara, melindungi, dan meningkatkan cara-cara hidup bersih dan sehat. Jabatan fungsional sanitarian ditetapkan melalui surat keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 19/KEP/M.PAN/11/2000 tentang Jabatan Fungsional Sanitarian dan Angka Kreditnya.jabatan fungsional sanitarian terdiri dari jenjang jabatan terampil dan jenjang jabatan ahli.

Angka kredit yang telah dikumpulkan oleh seorang sanitarian sesuai dengan ketentuan dapat digunakan sebagai dasar untuk kenaikan jabatan atau pangkat. Dasar lain yang digunakan untuk penghitungan angka kredit adalah Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP). Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dapat dilakukan oleh profesi maupun kedinasan.

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi pemangku jabatan fungsional kesehatan. Suatu pelatihan dinyatakan berkualitas apabila sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 725/Menkes/SK/V/2003 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Di Bidang Kesehatan.

Pada kesempatan ini Bapelkes Cikarang sebagai unit pelaksana teknis Badan PPSDM Kesehatan menyelenggarakan pelatihan jabatan fungsional sanitarian terampil pelaksana.

 

TUJUAN PELATIHAN

TUJUAN UMUM

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pejabat fungsional Sanitarian Terampil Pelaksana.

 

TUJUAN KHUSUS

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta latih mampu dalam :

  1. Mempersiapkan pelaksanaan kegiatan kesehatan lingkungan
  2. Melakukan pengamatan kesehatan lingkungan
  3. Melaksanakan pengawasan kesehatan lingkungan
  4. Memberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan
  5. Membuat karya tulis/ karya ilmiah bidang kesehatan lingkungan
  6. Mengembangkan teknologi tepat guna di bidang kesehatan lingkungan
  7. Menghitung angka kredit dan mengajukan DUPAK

II. STRUKTUR PROGRAM

No

MATERI PELATIHAN

ALOKASI WAKTU

T

P

PL

Total

  1. A. MATERI DASAR

1.

Kebijakan diklat aparatur

2

-

-

2

2.

Jabatan Fungsional Sanitarian

2

2

-

4

3

Kebijakan program penyehatan lingkungan

2

-

-

2

4.

Profesi dan etika sanitarian

2

2

-

4

 

Sub Total

8

4

-

12

  1. B. MATERI INTI

1.

Persiapan pelaksanaan kegiatan kesehatan lingkungan

3

5

-

8

2

Pengamatan  kesehatan lingkungan

3

6

4

13

3.

Pengawasan  kesehatan lingkungan

4

8

4

16

4.

Pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan

3

6

2

11

5.

Karya tulis/karya ilmiah di bidang kesehatan lingkungan

2

6

-

8

6.

Teknologi tepat guna di bidang kesehatan lingkungan

2

4

-

6

7.

Penghitungan angka kredit dan mengajukan DUPAK

2

6

-

8

 

Sub Total

19

41

10

70

  1. C. MATERI PENUNJANG

1.

Membangun komitmen belajar

-

3

-

3

2.

Rencana tindak lanjut

-

2

-

2

Sub Total

-

5

-

5

Total

27

50

10

87

Keterangan T = Teori, P= Penugasan dan PL= Praktik Lapangan; 1 Jpl @45 menit

PESERTA

Jumlah peserta

Jumlah peserta dalam pelatihan ini adalah 60 orang. Dibagi dalam 2 kelas masing-masing kelas berjumlah 30 orang peserta.

 

Kriteria Peserta

  1. Telah diangkat dalam jabatan Fungsional Sanitarian Pelaksana dengan melampirkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan sebagai pejabat Fungsional Sanitarian Pelaksana.
  2. Bagi jabatan Fungsional Sanitarian Pelaksana yang telah mengikuti pelatihan Jabatan Fungsional Sanitarian Pelaksana Pemula, selain melampirkan SK Pengangkatan juga melampirkan sertifikat pelatihan Jabatan fungsional Sanitarian Pelaksana Pemula.
  3. Pangkat dan golongan ruang, Pengatur Muda Tingkat I (II/b), Pengatur (II/c), Pengatur Tingkat I (II/d).
  4. Bertugas di Lingkungan Ditjen PP & Pl, Dinas Kesehatan Propinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit Propinsi/Kabupaten/Kota, Puskesmas dan UPTD/Bapelkes.

 

WAKTU

Pelaksanaan Pelatihan Jabatan Fungsional Sanitarian Terampil adalah 16 s/d 25 Juli 2013, peserta melakukan registrasi pada tanggal 15 Juli 2013

 

PEMBIAYAAN

Biaya yang ditanggung selama penyelenggaraan menjadi tanggungan panitia sesuai DIPA meliputi :

  1. Trasnport lokal jawa barat, Bagi Peserta dari Luar Jawa Barat biaya transport (Pesawat) ditanggung oleh Instansi Pengirim
  2. Uang harian selama 2 (dua ) hari, apabila peserta pelatihan melakukan registrasi pada tanggal 15 Juli 2013 dan kembali pada tanggal 26 Juli 2013
  3. Uang saku selama 10 ( sepuluh) hari
  4. Akomodasi selama pelatihan

PROSEDUR  PENDAFTARAN

  1. Calon peserta mempelajari gambaran pelatihan secara umum serta mempelajari Kriteria Peserta
  2. Jika calon peserta sesuai denga kriteria, calon peserta mengisi Form Pendaftaran Pelatihan online klik disini (baca petunjuk panduan pendaftaran). Setelah data form pendaftaran diisi secara lengkap,  klik Krim dan download surat izin, surat izin akan secara  otomatis  terdownload/unduh (tipe file MS word). Isi surat izin, kemudian dicetak menggunakan kop surat instansi, dicap stempel instansi
  3. Setelah surat izin diisi dan ditanda tangani atasan, surat izin tersebut di scan dan diemailkan ke alamat email p3@bapelkescikarang.or.id atau admin@bapelkescikarang.or.id untuk diverifikasi
  4. Form pendaftaran online diterima pihak panitia paling lambat  10 Juli  2013 dengan judul email “Daftar Calon Peserta Pelatihan Jabfung Sanitarian Terampil
  5. Calon Peserta akan mendapat SMS konfirmasi dari pihak panitia
  6. Peserta yang dinyatakan lulus dan tidak hadir pada saat pelaksanaan, akan secara automatis TIDAK AKAN KAMI UTAMAKAN LAGI UNTUK MENGIKUTI PELATIHAN YANG LAIN.

 

Kembali ke Pengumuman